Tuesday 30 July 2013

Cara menshutdown komputer melalui SMS (Sistem gateway)


Semula saya tidak percaya hal ini bisa terjadi, tapi setelah mencoba ternyata bisa berfungsi. Syarat menshutdown komputer lewat sms adalah komputer anda harus terkoneksi keInternet dengan Modem/HP. Anda pasti mau mencoba ?

Ikuti langkah berikut ini :
Simulasi Cara menshutdown komputer melalui SMS adalah
HP >sms> MODEM/HP >diteruskan> KOMPUTER >diproses> APLIKASI >perintah> SHUTDOWN
  • Modem/HP yang akan menerima SMS dan dibutuhkan sebuah software yang berfungsi sebagai SMS Gateway namanya GAMMU ( wammu.eu) tutorialnya bisa dicari digoogle
  • APLIKASI
    Bagian ini merupakan inti dari artikel ini, karena kita akan membuat sendiri aplikasi untuk shutdown komputer. Tentu saja disesuaikan dengan database yang digunakan GAMMU. Karena database yang digunakan adalah MySQL, jadi untuk part-1 ini aplikasi yang akan kita buat berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP.
[CODEfunction waitCommand(){
    if(!isset($_GET['act'])){
    echo "";
    echo ""; //MELAKUKAN PENGECEKKAN SETIAP 10 DETIK
    $sql = mysql_query("SELECT * FROM `inbox`
    ORDER BY `inbox`.`UpdatedInDB` DESC
    LIMIT 0 , 1");
    $row = mysql_fetch_row($sql);
    if($row[11]=="false"){ //CEK SMS SUDAH DIPROSES ATAU BELUM
    $getkey = explode(" ",$row[8]); //MENGAMBIL ISI PESAN
    if(strtoupper($getkey[0])=="SHUTDOWN"){
    system("shutdown -s -t 50");
    $set = mysql_query("UPDATE `inbox` SET `Processed` = 'true' WHERE `inbox`.`ID` =".$row[9].";");
    }
    }
    }
    }
    waitCommand();
    ?>][/CODE]

Fungsi dari script diatas adalah untuk melakukan pengecekkan kedalam database, di tabel INBOX. Jika ada pesan masuk dengan keyword “SHUTDOWN” maka script akan memerintahkan komputer untuk melakukan shutdown. Untuk linux kita bisa menggunakan perintah “system(“halt”)” tapi dengan terlebih dahulu melakukan autentikasi

Tapi tentu saja, dengan script diatas, komputer kita bisa diShutdown siapa saja jika ada SMS masuk dengan pesan “SHUTDOWN”, sehingga untuk mengatasi hal ini kita perlu melakukan validasi No.HP si pengirim SMS, dimana nomor ini harus berasal dari nomor HP kita sendiri.

Agar program yang kita buat ini melakukan pengecekkan terhadap inbox secara realtime, file ini harus dalam keadaan dibuka di browser. Ini hasil buatan dari explore crew.

No comments:

Post a Comment